Cara Memilih Sekuritas Untuk Investasi Saham

Bagi investor maupun trader saham, perusahaan sekuritas merupakan salah satu pertimbangan untuk bertransaksi. Sebagaimana pada umumnya mencari sebuah perusahaan jasa, tentu saja yang menjadi pertimbangan adalah jenis jasa yang diberikan dan layanannya. Baik layanan sebelum, saat dan sesudah menggunakan jasa dari perusahaan tersebut.

Saat ini terdapat kurang lebih 43 (empat puluh tiga) perusahaan sekuritas yang telah mendapatkan izin serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Indoensia Stock Exchange (IDX), Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI), dan KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia).

Sahamania.com Cara Memilih Sekuritas Untuk Investasi Saham

Dengan banyaknya pilihan perusahaan sekuritas, tentu dituntut untuk memilih perusahaan sekuritas yang sehat dan memberikan layanan yang sebaik mungkin. Lalu, bagaimana memilih perusahaan sekuritas yang tepat? Berikut tipsnya.


Cek Dahulu Rekam Jejak Perusahaan Sekuritas


Rekam jejak perusahaan sangat penting. Sebuah perusahaan sekuritas yang pernah atau mengalami masalah hukum tentu saja harus diabaikan. Dana kelolaan dan jumlah nasabah yang terdaftar pada perusahaan sekuritas layak menjadi pertimbangan dalam memutuskan menggunakan perusahaan sekuritas sebagai media investasi.

Cara untuk melihat rekam jejak sebuah perusahaan sekuritas salah satunya menggunakan pencarian di internet. Pelajari satu per satu dari setiap sekuritas.

Selain itu, bisa juga berdiskusi melalui group saham yang ada dalam social chat messenger seperti Telegram atau WhatsApp. Dengan bertanya kepada teman-teman yang lain, mereka biasanya akan dengan senang hati berbagi pengalaman.

Dari 43 perusahaan sekuritas yang ada, saring 10 perusahaan sekuritas terbaik berdasarkan hasil pencarian informasi.


Layanan Edukasi Investasi Saham Yang Disediakan


Setelah mengetahui rekam jejak perusahaan sekuritas, selanjutnya pelajari layanan edukasi investasi saham pada situs masing-masing perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas yang bagus memberikan layanan edukasi secara berkala.

Perusahaan sekuritas akan memberikan edukasi setiap akhir pekan dengan materi yang beragam. Materi yang umum disampaikan adalah penggunaan software aplikasi sekuritas, analisa teknikal, analisa fundamental, perencanaan keuangan, dan lain-lain.

Selain memberikan edukasi investasi saham secara berkala, perusahaan sekuritas yang baik juga sering menyelenggarakan event atau mensponsori kegiatan edukasi saham kepada group atau kelompok pengiat investasi saham di luar agenda rutin perusahaan.


Besaran Deposit, Biaya Transaksi dan Biaya Bulanan


Setiap perusahaan sekuritas mempunyai kebijakan yang berbeda-beda dalam mengenakan besaran deposit. Ada yang cukup dengan 100.000 rupiah, ada yang minimal 10 juta rupiah, ada yang minimal 100 juta rupiah dan seterusnya.

Bagi investor atau trader pemula, biasanya menggunakan perusahaan sekuritas yang bisa deposit sebesar 100 ribu rupiah karena masih dalam tahap belajar. Namun ada pula perusahaan sekuritas yang mewajibkan nasabahnya deposit minimal 10 juta rupiah dengan tujuan agar nasabahnya tidak terjebak dalam pembelian saham-saham lapis tiga atau saham gorengan. Tentu saja pilihan ada di tangan investor untuk memilih mana yang lebih tepat.

Selain besaran deposit, perlu dipertimbangan juga biaya transaksi untuk melakukan aksi jual atau beli. Setiap perusahaan sekuritas mengenakan biaya yang berbeda-beda. Rata-rata perusahaan sekuritas di Indonesia mengenakan biaya transaksi jual antara 0,25% sampai  dengan 0.35% dan rata-rata mengenakan biaya transaksi beli sebesar 0.15% sampai dengan 0.25%. Biasanya perusahaan sekuritas yang memberikan biaya transaksi paling murah akan diburu oleh trader karena aktivitas trader sangat sering melakukan aksi jual beli.

Di luar syarat besaran deposit dan biaya transaksi jual dan beli, perusahaan sekuritas tertentu mengenakan biaya bulanan untuk layanan data. Perusahaan sekuritas mengenakan biaya layanan data kepada nasabah atau akun sekuritas yang tidak melakukan transaksi jual atau dalam satu bulan, sehingga perusahaan sekuritas tidak mendapatkan pemasukan dari biaya layanan data pergerakan harga. Besaran biaya bulanan saat ini sekitar 16.500 rupiah dan langsung dipotong dari saldo akun sekuritas milik investor.

Sahamania.com Cara Memilih Sekuritas Untuk Investasi Saham

Ketiga komponen yaitu kewajiban berapa besarnya deposit, biaya transaksi untuk jual dan beli, dan biaya bulanan untuk layanan data, wajib menjadi pertimbangan dalam menentukan perusahaan sekuritas yang akan digunakan.


Menyediakan Aplikasi On line Trading


Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat semakin memudahkan investor untuk melakukan investasi. Perusahaan sekuritas semakin bersaing memberikan platform online terbaik. Baik versi desktop maupun versi mobile.

Perusahaan sekuritas yang memberikan platform online trading mobile dapat dijadikan prioritas pertimbangan setelah mempertimbangkan tips-tips sebagaimana dijelaskan di atas.

Beberapa sekuritas bahkan ada yang memberikan fitur platform online trading berbasis web tanpa harus menginstall aplikasi online trading versi desktop maupun mobile.

Perusahaan sekuritas yang mempunyai ketiganya dapat dijadikan pilihan utama, apalagi jika memberikan biaya transaksi yang lebih murah.


Layanan Lain Yang Perlu Dipertimbangkan


Selain beberapa poin di atas, ada lagi layanan lainnya yang layak menjadi pertimbangan yaitu seberapa cakupan perusahaan sekuritas dengan melihat jumlah kantor cabang yang ada di daerah, minimal ada di kota-kota besar di Indonesia. Paling tidak bisa memberikan kemudahan bagi investor jika menemui kendala atau permasalahan dalam transaksi, penggunaan fasilitas trading atau yang lainnya.

Di samping jumlah kantor cabang, layanan purna jual (after sales) juga menjadi pertimbangan. Salah satu kelemahan perusahaan sekuritas biasanya di layanan purna jual. Meskipun tidak semua, banyak nasabah perusahaan sekuritas tidak begitu dilayani begitu ada keluhan pelanggan terhadap fasilitas yang diberikan perusahaan sekuritas.

Selanjutnya, segera membuka akun sekuritas untuk dapat segera berinvestasi saham.

Selamat berinvestasi saham!



Oleh: Don Cuan
Seorang trader saham dan forex, investor saham, pemahat kata, pecandu rindu, penikmat kopi, dan pemburu senja. Dapat dihubungi melalui akun telegram: @sahamania.

Posting Komentar

0 Komentar