Cara Menabung 100 Juta Dalam Setahun Untuk Dana Darurat

Dana darurat adalah keniscayaan dimana sangat penting dialokasikan. Banyak yang mengabaikan pentingnya dana darurat ini.

sahamania.com dana darurat


Mengapa Harus Menyisikan Untuk Dana Darurat


Beberapa waktu lalu penulis pernah menerapkan metode menabung 20 ribuan.
Cara yang telah umum digunakan oleh banyak orang dengan istilah The Power of 20 Ribu.
Setiap mendapatkan uang 20 Ribu, pokoknya menjadi hak celengan. Sempat terkumpul 11.300.000 selama 5.5 bulan.

Tidak dapat dipungkiri, selama ini yang sering jadi masalah bagi orang-orang pada saat butuh dana tunai secara mendadak karena keperluan yang mendesak. Mungkin bagi yang mempunyai kartu kredit tidak masalah. Lalu bagaimana jika tidak mempunyai kartu kredit, sedangkan dana darurat sangat penting alokasinya.

Dana darurat tidak sama dengan investasi. Investasi adalah menyimpan uang untuk bertumbuh atau berkembang. Instrument investasi yang relatif aman adalah dengan membeli obligasi atau Surat Utang Negara. Ada juga instrument investasi yang lain seperti deposito, reksadana atau saham. Tentu saja semua berisiko.

Khusus dana darurat paling ideal dalam bentuk tabungan, deposito atau obligasi yang mudah dijual. Intinya dana darurat ini likuid atau mudah dicairkan saat dibutuhkan. Apabila dananya sudah masuk kategori besar, bisa disimpan dalam bentuk deposito atau obligasi. Namun apabila masih tergolong kecil atau dikisaran 10 juta sampai 100 juta, lebih tepat disimpan dalam bentuk tabungan.

 

Berapa Besaran Dana Darurat Yang Dipersiapkan


Tidak angka yang pasti berapa dana darurat yang perlu dipersiapkan karena kita tidak pernah tahu masa depan akan seperti apa. Semua juga tergantung status perkawinan dan jumlah keluarga. Dana darurat untuk yang belum menikah tentu saja berbeda dengan yang sudah menikah.

Dengan rentang gaji atau pendapatan di bawah 10 juta rupiah, menabung sebesar 10 juta secara bertahap selama setahun mungkin lebih tepat.

Bagi yang bergaji dalam rentang 10 juta sampai 20 juta dan belum menikah, idealnya menabung dana darurat di kisaran 50 juta setahun. Gaji di atas 20 juta mungkin sudah perlu memikirkan menabung dana darurat sebesar 100 juta per tahun.

 

Menabung 100 Juta Salam Setahun Untuk Dana Darurat


Banya berbagai macam cara atau tips yang bertebaran di internet. Sahamania.com berusaha memberikan sedikit tips dan cara bagaimana menabung 100 juta untuk keperluan dana darurat. Apabila diiliustrasikan, dapat dilihat pada gambar berikut.




Tentu saja nomimal yang terdapat dalam gambar di atas dapat disesuaikan kebutuhan.


Oleh: Don Cuan
Seorang trader saham dan forex, investor saham, pemahat kata, pecandu rindu, penikmat kopi, dan pemburu senja. Dapat dihubungi melalui akun telegram: @sahamania.

Posting Komentar

0 Komentar