Menabung: Cara Investasi Paling Sederhana

Sejak zaman kecil, kita selalu dididik untuk rajin menabung. Sampai dalam otak bawah sadar kita tertanam sebuah ungkapan “Menabung Pangkal Kaya”.

Benarkah ungkapan tersebut?. Mari kita simak beberapa kisah berikut.

menabung, investasi, saham, sahamania, trading


The Power Of Receh

Sebuah akun  facebook dengan nama Agustine Ningsih menuliskan status pengalaman dia menabung uang koin rupiah senilai 500-an dan 1000-an.

Agustine berprinsip bahwa menabung uang receh tidak bisa disepelekan. Asal ada niat dan tekad yang kuat, semua dapat dicapai dan dilakukan secara sambil lalu dan sederhana.

Agustine menggunakan aturan yang dia buat senidir, yaitu saat mempunyai uang receh, maka uang receh tersebut menjadi hak celengan yang berbentuk galon air ukuran 19 (sembilan belas) liter.

Uang receh dikelompokkan ke dalam jenis masing-masing, yaitu uang koin 500-an silver, uang koin 500-an warna kuning emas dan uang koin 1000-an. Uang dengan jenis logam dan nominal sama dimasukkan dalam satu galon yang sama.

Agustine mampu mengumpulkan 10 (sepuluh) galon dengan jumlah uang koin yang terkumpul per galon berkisar antara 4 (empat) juta rupiah sampai 7 (tujuh) juta rupiah. Dalam waktu lima tahun terkumpul total sekitar 60 (enam puluh) juta rupiah.

Apa yang dilakukan Agustine menunjukkan bahwa investasi dalam bentuk tabungan butuh ketekunan dan kesabaran. Program ini hanya akan berhasil jika kita disiplin, konsisten dan militan.

menabung, investasi, saham, trading


The Power of 20 Ribu

Terdapat sebuah akun twitter mengkampanyekan menabung khusus dengan uang nominal 20 ribu yang berwarna hijau. Teknik menabung ini sangat sederhana karena tujuannya untuk memprogram ulang pikiran/otak bawah sadar kita.

Kita cukup menyediakan celengan yang sulit dibuka dan usahakan yang transparan seperti toples, galon air, botol air mineral dan lain sebagainya. Kenapa menggunakan celengan yang tidak mudah dibuka? Supaya kita tidak tergoda untuk mengambil uang 20 ribu yang sudah menjadi hak celengan kita. Lalu, kenapa celengan harus transparan? Supaya kita merasakan hasrat semangat melihat tumpukan yang ada dalam celengan tersebut.

Tugas orang yang sedang menjalankan terapi menabung 20 ribu cukup sederhana.

Jadi, pada saat kita memegang uang kertas 20 ribu, uang itu adalah hak celengan dan tidak dapat diganggu gugat. Contohnya pada saat kita mengisi bahan bakar motor di pom bensin dan membayar dengan uang nominal 100 ribu lalu mendapat kembalian uang 20 ribu sebanyak 3 (tiga) lembar dan 10 ribu sebanyak 2 (dua) lembar. Maka, uang 20 ribu sebanyak 3 (tiga) lembar tersebut menjadi hak celengan.

Pokoknya setiap ketemu uang 20 ribu, wajib masuk celengan. Kapanpun dan dimanapun anda memegang uang kertas 20 ribuan, maka itu hak celengan anda. Program ini hanya akan berhasil jika disiplin, konsisten dan militan.

menabung, trading, investasi, saham


Klub Gotong Royong Investasi Saham


Indonesia dikenal salah satunya karena adanya kebiasaan gotong-royong. Konsep gotong royong tersebut menginspirasi sebuah group WhatsApp khusus trader/investor saham untuk membentuk klub investasi. Bermula dari ide sederhana pada diskusi di dalam group tersebut, akhirnya beberapa orang sepakat membuat klub investasi dengan aturan yang disepakati bersama.

Pasar saham adalah pasar modal, dimana modalnya adalah modal itu sendiri. Dengan asumsi modal adalah “barang” yang diperdagangkan, maka salah satu cara untuk memperoleh keuntungan yang siginifikan adalah dengan cara memperbesar modal. Namun banyak investor kecil (retail) terkendala pada masalah modal ini, sehingga perlu kreativitas untuk menyiasatinya. Salah satunya dengan modal patungan.

Program klub investasi tersebut menggunakan aturan setiap member boleh memiliki 1 (satu) kavling atau lebih untuk mempunyai porsi kepemilikan dengan nilai per kavling-nya sebesar 1 juta rupiah. Ada 20 (dua puluh) orang yang sepakat dengan jumlah 20 kavling. Total iuran yang dikumpulkan per bulan sebesar 20 juta.

Program klub investasi ini direncanakan berjalan selama setahun dengan 12 kali melakukan iuran yang dilakukan setiap bulan pada tanggal 15 sesuai jumlah kavling masing-masing. Jadi setiap bulan terkumpul 20 juta setiap bulan selama 12 kali melakukan iuran diperkirakan terkumpul modal 240 juta.

Modal tersebut akan diinvestasikan ke dalam instrumen saham, baik trading, swing atau long investment. Salah satu anggota akan menjadi pengemudi (driver) untuk menjalankan tugas sebagai manajer investasi untuk klub investasi tersebut. Berapapun yang diperoleh setelah satu tahun berjalan dan program investasi tersebut selesai, maka modal akan dikembalikan ke masing-masing peserta sesuai prosentasi porsi kepemilikan kavling.

Sekai lagi, program ini hanya akan berhasil jika disiplin, konsisten dan militan.

INGAT: DISIPLIN, KONSISTEN, dan MILITAN!!!



Oleh: Don Cuan
Seorang trader saham dan forex, investor saham, pemahat kata, pecandu rindu, penikmat kopi, dan pemburu senja. Dapat dihubungi melalui akun telegram: @sahamania.


Posting Komentar

0 Komentar